RIZKI MOBILKU
Anda adalah seorang konsultan manajemen
untuk Rizki Hidayat, pemegang saham mayoritas dari kelompok 5 dealer mobil
merangkap bengkel servis. Ia telah meminta Anda untuk menghabiskan beberapa
hari di Rizki Mobilku, sebuah dealer yang tidak memberikan
kinerja sesuai dengan potensinya. Anda tidak diperkenankan “mencari masalah”,
sebagai gantinya, tugas Anda adalah menemukan cara-cara untuk membantu manajemen
di dealer tersebut mengambil keuntungan dari setiap peluang.
Satu hari ketika Anda sedang berbicara
dengan Pramono, manajer penjualan untuk Rizki Mobilku, Anda menyadari
bahwa dealer hanya mempergunakan sistem pemrosesan
transaksi—ia tidak menyadari potensi dari informasi yang telah dikumpulkannya
untuk pengambilan keputusan manajerial. Sebagai contoh, Rizki Mobilku
mengetahui tanggal pembelian dan pemilik dari setiap mobil yang dijualnya,
tetapi ia tidak pernah menghubungi pemilik mobil tersebut sehubungan dengan
pemeliharaan rutin. Rizki Mobilku tahu bahwa orang yang membeli sebuah mobil
baru biasanya akan menukar mobil tersebut dengan mobil baru lain 10 tahun
kemudian, tetapi dealer tidak menghubungi pelanggan-pelanggan
sebelumnya ini.
Soal
1. Berdasarkan
kasus Rizki Mobilku, jelaskan perbedaan antara data dan informasi. Data apa
yang sebaiknya diproses menjadi informasi di Rizki Mobilku?
Jawab:
- Data adalah fakta mentah atau rincian
peristiwa yang belum diolah, yang terkadang tidak dapat diterima oleh akal
pikiran dari penerima data tersebut, maka dari itu data harus diolah terlebih
dahulu menjadi informasi untuk dapat di terima oleh penerima.
- Informasi adalah hasil pengolahan data
yang sudah dapat diterima oleh akal pikiran penerima informasi yang nantinya
dapat digunakan untuk pengambilan keputusan.
Data yang seharusnya jadi informasi :
- Dealer
- Pemerosesan
transaksi
- Mobil
- manajerial
2. Apakah
saran anda terhadap kasus Rizki Mobilku untuk mencapai keunggulan kompetitif ?
Jawab :
http://iqmalutfi.blogspot.co.id/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar