RIZKI MOBILKU
Anda adalah seorang konsultan manajemen untuk Rizki Hidayat, pemegang saham mayoritas dari kelompok 5 dealer mobil merangkap bengkel servis. Ia telah meminta Anda untuk menghabiskan beberapa hari di Rizki Mobilku, sebuah dealer yang tidak memberikan kinerja sesuai dengan potensinya. Anda tidak diperkenankan “mencari masalah”, sebagai gantinya, tugas Anda adalah menemukan cara-cara untuk membantu manajemen di dealer tersebut mengambil keuntungan dari setiap peluang.
Satu hari ketika Anda sedang berbicara dengan Pramono, manajer penjualan untuk Rizki Mobilku, Anda menyadari bahwa dealer hanya mempergunakan sistem pemrosesan transaksi—ia tidak menyadari potensi dari informasi yang telah dikumpulkannya untuk pengambilan keputusan manajerial. Sebagai contoh, Rizki Mobilku mengetahui tanggal pembelian dan pemilik dari setiap mobil yang dijualnya, tetapi ia tidak pernah menghubungi pemilik mobil tersebut sehubungan dengan pemeliharaan rutin. Rizki Mobilku tahu bahwa orang yang membeli sebuah mobil baru biasanya akan menukar mobil tersebut dengan mobil baru lain 10 tahun kemudian, tetapi dealer tidak menghubungi pelanggan-pelanggan sebelumnya ini.
Soal
1. Berdasarkan kasus Rizki Mobilku, jelaskan perbedaan antara data dan informasi. Data apa yang sebaiknya diproses menjadi informasi di Rizki Mobilku?
Jawab:
- Data adalah fakta mentah atau rincian peristiwa yang belum diolah, yang terkadang tidak dapat diterima oleh akal pikiran dari penerima data tersebut, maka dari itu data harus diolah terlebih dahulu menjadi informasi untuk dapat di terima oleh penerima.
- Informasi adalah hasil pengolahan data yang sudah dapat diterima oleh akal pikiran penerima informasi yang nantinya dapat digunakan untuk pengambilan keputusan.
Data yang seharusnya jadi informasi :
- Dealer
- Pemerosesan transaksi
- Mobil
- manajerial
2. Apakah saran anda terhadap kasus Rizki Mobilku untuk mencapai keunggulan kompetitif ?
Jawab :
Seharusnya rizki mobil menggunakan informasi yg telah diaketahui dengan cara sering menghubungi pembeli mobil dan sering memberi solusi terbaik kepada pemelihara mobil rutin dan juga kepada pembeli mobil agar dengan beitu nantinya akan terjalin komunikasi yg baik dan para pelanggan Rizki Mobilku akan merasa nyaman dan para pelanggan otomatis akan kembali lagi ke Rizki Mobilku untuk pemeliharaan rutinya atau pun penukaran mobil sepuluh tahun kemudian.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar